Ahlan Wa Sahlan Wa Marhaban

Konsep Dasar Pemrograman Berbasis Object

21/02/2009 13:10

Class
Merupakan kumpulan dari data atau atribut dan method.

Contoh konsep penerapan class didalam kehidupan adalah class manusia, class hewan, class tumbuhan, class mobil dan yang lainnya.

Data atau atribut
Merupakan komponen terkecil didalam class, atau dapat dikatakan data merupakan karakteristik fisik dari class. Kita ambil contoh class manusia, manusia itu memiliki mata, telinga, hidung, mulut, tangan, kaki dan lainnya.

Method
Merupakan sebuah cara atau suatu aktifitas dari suatu class yang menghasilkan sesuatu.
Contoh class manusia, manusia itu sedang makan. Dari kalimat tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa manusia melakukan aktifitas makan yang dapat membuat manusia tersebut terasa kenyang.


Object
Merupakan bentuk nyata (konkrit) dari class (abstract). Kita ambil contoh sebuah kalimat manusia itu sedang makan. Kalimat ini belum sempurna maknanya, dikarenakan masih bersifat abstract atau umum (siapa manusia yang dimaksud dari kalimat tersebut belum dapat didefinisikan). Apabila kita lakukan perubahan pada kalimat tersebut menjadi ayahku sedang makan barulah kalimat tersebut mengandung makna dan dapat didefinisikan dikarenakan class manusia dinstansiasi menjadi object ayah. Sebuah class tidak dapat beraktifitas atau tidak dapat menghasilkan sesuatu tanpa object, dengan kata lain object merupakan bentuk sederhana dari class.

Back

Topic: Java programming

No comments found.

Search site

© ArfhanPrasetyo 2009