Ahlan Wa Sahlan Wa Marhaban

Konsep Dasar Pemrograman Berbasis Objek

04/05/2009 17:21

 

Konsep Dasar Pemrograman Berbasis Object (Java Programming)

Ada beberapa konsep dasar penerapan didalam bahasa pemrograman berbasis object, diantaranya :

1. Class

Class merupakan kumpulan dari data atau atribut dan method.

Bentuk umum deklarasi dari class :
Class NamaKelas {
Class body;

}

Contoh penerapan class didalam kehidupan, yakni terdapat class manusia, class hewan, class tumbuhan dan yang lainnya.

 

2. Data atau Atribut

Data atau atribut merupakan komponen terkecil didalam class, atau dapat pula dikatakan bahwa data atau atribut merupakan karakteristik dari class. Contoh, makhluk hidup memiliki karakteristik yang unik, setiap manusia memiliki mata, hidung, telinga, tangan, kaki dan yang lainnya. Dapat kita pahami bahwa didalam class manusia memilki data atau atribut berupa mata, hidung, mulut, telinga, tangan dan kaki.

Bentuk umum deklarasi dari Data atau atribut:

Tipe namaAtribut;

3. Method

Method merupakan sebuah cara atau suatu aktifitas yang dilakukan oleh sebuah class yang dapat menghasilkan sesuatu. Aktifitas yang dilakukan manusia dapat berupa aktifitasMakan, aktifitasMinum, aktifitasJalan, aktifitasLari dan lainnya. Dapat kita pahami bahwa didalam class manusia memiliki data mata, telingan, tangan dan kaki. Dengan menggunakan data mata berarti manusia dapat melakukan aktifitasMelihat, dengan data mulut manusia dapat melakukan aktifitasMakan, aktifitasBicara dan yang lainnya.

Bentuk umum deklarasi dari method:

Tipe namaMethod(daftar parameter){

}

4. Object

Object merupakan bentuk nyata (konkrit) dari class (abstract). Class masih bersifat abstrak, untuk merubahnya menjadi suatu hal yang nyata (konkrit), maka class harus di instansiasi menjadi sebuah object. Dapat pula kita pahami bahwa didalam sebuah class terdapat data atau atribut (karakteristik) dan method (aktifitas), dikarenakan class itu bersifat abstrak maka class harus membutuhkan sesuatu hal yang bersifat konkrit untuk mewujudkan sebuah aktifitas tersebut. Suatu class manusia memiliki data kaki dan method berupa aktifitasJalan maka apabila kita rangkai suatu kalimat, yakni “Manusia sedang melakukan aktifitasJalan dengan kaki”, kalimat ini belum dapat kita pahami secara khusus, bahwa dari sekian banyak manusia, manusia dengan identitas nama siapa yang dimaksud dari kalimat itu.

Bentuk umum instansiasi object:

 

NamaClass namaObjek=new NamaClass();

 

5. Encapsulation

Merupakan sebuah cara untuk mengatur pengaksesan data dan method dengan beberapa kategori penentu pengaksesan, seperti;

a. public

b. private

c. protected

Dapat juga dikatakan sebagai proses pembungkusan data dan method , kita ambil contoh nomor PIN ATM dirancang untuk mengantisipasi agar tidak ada orang lain dengan mudah dapat mengaksesnya kecuali pemiliknya sendiri (ini bersifat privacy), sedangkan nomor tetlephone atau handphone anda, contoh ini dapat digunakan dalam konsep public dan protected. untuk konsep public berarti anda memperbolehkan baik itu teman, rekan kerja atau mungkin orang yang baru saja anda kenal, dan untuk konsep protected berarti anda hanya dapat memperbolehkan untuk saudara atau keluarga anda pribadi.

6. Inheritance

Merupakan sebuah cara untuk melakukan penurunan sifat data dan method pada kelas, kelas yang mewariskan sifat data dan method dapat kita katakan sebagai superclass (kelas induk) dan sebaliknya kelas yang diwarisi dari sifat data dan method suatu kelas disebut subclass (kelas anak). Contoh penerapannya yakni class karyawan akan mewariskan sifat data dan methodnya kepada kelas direktur, kelas manager dan beberapa kelas lainnya yang mencangkup kelas karyawan.

7. Polymorphism

Merupakan sebuah konsep kemampuan dari suatu objek untuk menggunakan method dan daftar parameter yang sama atau menggunakan method dengan nama sama akan tetapi daftar parameternya yanhg berbeda.  Contoh penerapannya apabila ada soal untuk mencari luas dari bangun datar, berarti luas disini sebagai method yang dapat digunakan didalam setiap bangun datar dalam mencari luas baik itu dengan daftar parameter yang sama  atau berbeda. 

8. Package

Kumpulan dari interface - interface dan class - class yang digunakan untuk melakukan pembungkusan pada class, menghindari adanya kesamaan nama pada class - class yang dibuat.

9. Interface

Merupakan kumpulan dari method abstrak yang tidak dapat diimplementasikan, yakni hanya dapat mendeklarasikan struktur data dan method. interface merupakan perluasan dari class abstrak akan tetapi didalam class abstrak pendeklarasian method dapat diimplementasikan.

 

Latihan : Download

 

 

 

 

Back

Search site

© ArfhanPrasetyo 2009